Ardhi

Ardhi

Sabtu, 03 Oktober 2015

CHAMPS WEEK 4 : Pengabdian Masyarakat


           Pengabdian masyarakat adalah salah satu cara dari seseorang untuk menunjukkan sumbangsihnya yang berupa tenaga, pikiran atau materi kepada kebermanfaatan masyarakat yang ada di daerah tertentu. Setiap orang pun punya cara tersendiri dalam mengabdi di masyarakat, ada yang ingin memajukan sisi sosialnya, sisi perbaikan moral, sisi kesehatan masyarakat ataupun sisi perekonomiannya. Banyak hal yang dapat dihasilkan dalam pengabdian masyarakat, seperti naiknya nilai – nilai positif pada perilaku masyarakat, naiknya perekonomian masyarakat atapun naiknya tingkat kesehatan.
            CHAMPS kali ini akan menerapkan beberap konsep dari pengabdian masyarakat. Yang pertama champs ingin  berkontribusi pada kebersihan alun – alun yang ada di kabupaten gresik. Hal ini dilakukan dengan membersihkan (sweeping) sampah – sampah yang ada pada setiap sudut dari alun – alun kabupaten gresik. Dari sisi utara, selatan, barat maupun timur para peserta champs membersihkan alun – alun. Sebelumnya kita sudah menyiapkan beberapa kantong kresek yang dibawa dari rumah untuk wadah dari sampah – sampah yang kita bersihkan. Beberapa sampah terdiri dari sampah putung rokok yang paling banyak, plastik es maupun sampah – sampah yang lain. Dari semua sampah yang diambil saya dapat menarik kesimpulan bahwa masih banyak budaya merokok yang masih terjadi di daerah gresik. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya putung rokok yang terbuang di wilayah alun – alun yang notabene adalah tempat kumpul atau tempat nongkrong.
            Kegiatan pengabdian masyarakat yang kedua adalah dengan mengadakan diskusi tentang memaksimalkan pariwisata yang ada di alun – alun gresik. Disini kita menyumbangkan pemikiran kita guna menjadikan alun – alun gresik sebagai wilayah yang potensial. Banyak dari beberapa teman yang menyumbangkan inovasinya merubah wajah alun – alun menjadi waisata yang menarik. Salah satu  dari mereka ada yang mungusulkan untuk menjadikan bangunan – bangunan tua yang ada di sekitar gresik menjadi wisata kontemporer.
            Beberapa kegiatan telah terlaksana dengan lancar. Kegiatan dilakukan dengan ice breaking. Kegiatan ini bertujuan untuk memecah kepenatan setelah kita melakukan pengabdian masyarakat. Akhirnya acara pengabdian masyarakat kali ini telah selesai, setiap kegiatan menghasilkan beberapa manfaat. Pikiran dan tenaga kita yang sudah kita sumbang semoga memberikan manfaat dan hasil yang nyata sehingga menghasilkan budaya – budaya positif yan g bisa tumbuh di masyarakat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar