Ardhi

Ardhi

Senin, 28 September 2015

All About CHAMPS UISI week 3

          kegiatan champs kali ini lebih menekankan kepada cara seorang mahasiswa berkomunikasi satu sama lain. Komunikasi adalah hal yang paling penting dalam proses bersosialisasi. Hari ini kita dibekali dengan materi yang berkaitan tentang komunikasi. Komunikasi sendiri bertujuan untuk mencapai tujuan bersama antar dua orang atau lebih. Selain itu komunikasi berfungsi sebagai Pembina kepercayaan, mengkoordinir tindakan, merencanakan strategi, pembagian kepercayaan serta berbagi rasa satu sama lain.
Setelah kita dibekali materi dalam berkomunikasi dan menyampaikan pendapat kita diberi studi kasus tentang perkara hukum nenek asiyani. Dalam debat tersebut kelompok dayak sebagai pihak yang membela hukum yang memproses nenek asiyani menyatakan bahwa hukum di Indonesia bersifat mutlak. Mereka menegaskan setiap manusia dimata hukum adalah sama, tidak memandang tua – muda, kaya – miskin, ataupun punya tidaknya jabatan seseorang. Sedangkan di pihak lain suku asmat sebagai kubu yang menolak adanya proses hukum yang memberatkan nenek asiyani menyatakan bahwa hukum seharusnya memiliki nurani dan lebih menekankan kepada hukum yang dinamis dimana kesalahan yang terjadi pada tersangka agaknya dipertimbangkan terlebih dahulu. Setelah kita melakukan debat sang moderator pun mengambil kesimpulan bahwa hukum di Indonesia adalah hal yang mutlak dan tidak memandang siapapun yang melanggarnya. Nenek asiyani adalah tersangka merupakan bukti bahwa tidak ada yang bisa menimbang lebih atau kurang dari proses hukum.
         Setelah melakukan debat kita dikumpulkan dalam satu angkatan. Di situ kita melakukan orasi, menuangkan pendapat kita didepan orang banyak. Beberapa kelompok mendukung suatu kebijakan dan kelompok lain menolak adanya kebijakan yang diterapkan. Dari semua kegiatan uisi yang diikuti saya dapat mengambil kesimpulan bahwa sebagai seorang mahasiswa yang menciptakan perubahan kita harus punya keberanian dalam menyampaikan pendapat. Karena dengan pendapat dan kritik yang membangun perubahan akan terjadi pada bangsa Indonesia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar